Thursday 13 September 2018

PINTU REZEKI MANUSIA YANG SUDAH DI JAMIN TUHAN

Posted by Dahsyat on Thursday 13 September 2018

Macam macam pintu Sumber Rezeki yang Di Dapat Oleh Manusia Yang Beriman.

Semua Mahluk Yang hidup Di dunia telah di jamin Rejekinya oleh Alloh SWT, dan tidak akan tertukar, Alloh memberikan kita Rejeki melalui berbagai macam pintu rejeki, di bawah ini merupakan jenis pintu Rezeki yang sudah di tetap kan Tuhan Yang maha kuasa, antara lain :

1. REZEKI KARENA USAHA.
Hal pertama yang wajib dikerjakan setiap manusia agar mendapatkan rejeki adalah dengan cara berusaha atau bekerja dengan tekun seperti terdapat pada firman Tuhan berikut ini.

‎وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى
"Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya."
(Surah An-Najm : 39).

Dari ayat tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa hanya dengan melakukan usaha bekerja kita akan mendapatkan rejeki.

2. REZEKI KARENA BERSYUKUR.
Kemudian setelah melakukan usaha dan bekerja, sebaiknya kita mensyukuri setiap rejeki pemberian Tuhan yang telah kita terima baik kecil, sedang maupun besar. Dan janganlah lupa lalu menganggap rejeki itu karena usaha kita sendiri tanpa adanya campur tangan Tuhan , Dan jika kita mau bersyukur maka Alloh akan menambah nikmat yang diberikan kepada kita seperti terdapat dalam ayat Al Qur'an sbb:

‎لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu."
(Surah Ibrahim : 7).

3. REZEKI TAK TERDUGA.
Dengan selalu menyuskuri rejeki yang kita terima maka akan semakin menambah ketakwaan kita kepada Allah yang Maha Pemberi Rejeki sehingga beliau akan membukakan pintu rejeki dari arah yang tidak kita duga seperti terdapat pada firman Tuhan berikut ini.

‎وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

"Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya."
(Surah At-Thalaq : 2-3).

4. REZEKI KARENA ISTIGHFAR.
Pintu rejeki lainnya adalah dengan selalu memohon ampunan Tuhan atas segala kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan terutama saat sedang dalam kesulitan hidup. Karena manusia tidak dapat lepas dari dosa dan kesalahan maka memohon ampunan akan dapat membuka pintu rejeki seperti terdapat dalam ayat berikut ini.

‎فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

"Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.”
(Surah Nuh : 10-11).

5. REZEKI KARENA MENIKAH
Dalam menikah, maka akan membuat pintu rejeki yang lebih banyak, seperti dalam ayat sbb:

‎وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ
"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya." (Surah An-Nur : 32).

6. REZEKI KARENA ANAK
Zaman Dahulu ada pepatah banyak anak, banyak rejeki, tapi masa sekarang punya anak banyak salah satu masalah , karena beratnya beban yang harus di tanggung. Sebenarnya Tuhan telah menjamin rezeki atas anak anak kita.

Jika kita merasa ragu, mari berpegang pada firman Tuhan yang terdapat pada ayat berikut ini.

‎وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Surah Al-Israa' : 31).

7. REZEKI KARENA SEDEKAH
Sedekah atau berbagi dengan sesama adalah salah satu cara, dengan banyak banyak bersedekah maka Tuhan akan memperluas dan memperlancar rejeki orang tersebut.
dengan bersedekah atau infak, Tuhan akan membalasnya dengan melipat gandakan rejeki yang kita terima seperti termaktub dalam ayat berikut ini.

‎مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً

“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (Surah Al-Baqarah : 245).

Tuhan sudah memberikan gambaran kepada manusia , bahwa siapa yang memberi maka dia akan menerimanya pula.

Itulah pintu-pintu rejeki yang diberikan Tuhan jepada hambanya yang beriman, Al Quran sudah memberi jaminan bahwa semuanya akan mendapatkan rejeki. pintu-pintu rejeki tersebut saling berhubungan satu sama lainnya sehingga menjadi lebih baik untuk kamu melakukan apa yang semua yang telah di tetapkan oleh Alloh SWT.

loading...
Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment